Kamis, 29 November 2012

Nasihat dari Sang Idola ^^



Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik dalam membayar hutang. (HR. Bukhari-Muslim)
Sebaik-baik kalian adalah orang yang diharapkan kebaikannya, sedang keburukannya terjaga. (HR.Tirmidzi)

Wahai rasulullah, siapakah sebaik-baik manusia ? Rasulullah: Siapa yang paling panjang umurnya dan paling baik amalannya. (HR.Tirmidzi)

Sebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah. (HR. Tirmidzi)

Diantara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah harii Arafah. (HR.Muslim)

Keutamaan puasa Arafah: Berpuasa dihari Arafah (9 dzulhijjah) menghapuskan dosa tahun lalu dan dosa tahu yang akan dating (HR.Muslim)

Adab-adab berqurban, jika telah masuk 10 hari pertama Dzulhijjah, dan kalian ingin berqurban maka janganlah ia memotong rambut dan kukunya sedikit pun. (HR.Muslim)
Nabi: barangsiapa yang impiannya akhirat makaa Allah akan menjadikan kekayaan dihatinya, memudahkan urusannya dan kenikmatan dunia akan dating kepadanya. (HR.Tirmidzi)

Perjanjian ?? “Kaum muslimin itu terikat dengan perjanjian yang mereka sepakati kecuali perjanjian yang menghalalkan yang haram atau mengharamkan yang halal. (HR.Tirmidzi)

Engkau harus tahu bahwa sesuatu yang ditakdirkan akan menimpamu, tidak mungkin luput darimu dan sesuatu yang ditakdirkan luput darimu, tidak mungkin menimpamu. (HR.Abu Daud)

Penyesalan diakhirat bagi yang salah berteman; kecelakaan besarlah bagiku, kiranya aku dulu tidak menjadikan si fulan sebagai teman akrabku. (QS.Al Furqan:28)

Nabi: Wahai manusia ! Taubatlah kalian pada Allah dan minta ampunlah kepadaNya, sesungguhnya aku bertaubat kepada Allah dalam sehari sebanyak 100 kali. (HR.Muslim)

Nabi: Setiap anak cucu Adam pasti pernah berbuat salah, dan sebaik-baik orang yang bersalah ialah orang yang banyak bertaubat. (HR.At Tirmidzi)

Nabi : 3 orang yang tidak tertolak do’anya adalah orang yang berpuasa hingga ia berbuka, pemimpin yang adil serta orang yang terdzalimi. (HR.At Tirmidzi)

Nabi : berkunjunglah sekali waktu, niscaya kalian akan saling cinta mencintai (HR. Al Baihaqi) Silatuurrahmi juga akan memperpanjang umur serta melapangkan harta.

Tangisan kedua orang tua merupakaan kedurhakaan yang besar. (HR.Bukhari). Wahai Rabbku, kasihanilah keduanya, sebagaimana mereka telah mendidikku sewaktu kecil   .

Nabi : di jannah terdapat seratus tingkat yang dipersiapkan Allah untuk orang-orang yang berjihad di Jalan Allah, jarak antara kedua tingkat seperti jarak langit dan bumi. Maka, jika kalian meminta jannah firdaus, karena ia adalah jannah yang paling tengah da jannah paling tinggi, diatasnya etrdapat singgasana arRahman, dan dari situlah memancar sungai-sungai jannah. (HR. AL Bukhari)

Nabi ; maukah kalian aku beri tahu dosa yang paling besar ? sahabat menjawab, tentu. Nabi : yaitu berbuat syirik, durhaka kepada kedua orang tua. (HR. Bukhari)

Nabi : sungguh ditusuknya kepala salah seorang dari kalian dengan jarum besi lebih baik baginya daripada ia menyentuh wanita yang tidak halal baginya. (HR. Ath Thabrani)

Rasullah mewajibkan zakat fitri pada bulan ramadhan kepada manusia. (HR.Bukhari-Muslim) Ukuran zakat Fitri = 2, 42 kg atau 3,5 liter setiap muslim dari makanan pokok.

Doa jika singgah disuatu tempat: A’udzubikalimatillahittammati min syarri maa khalaq (Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejelekan setiap makhluk)

Dengarlah dan taatlah (kepada penguasa), karena yang jadi tanggungan kalian adalah yang wajib bagi kalian, dan yang jadi tanggungan kalian adalah yang wajib bagi mereka. (HR.Muslim)

Hendaklah kalian senantiasa berjama’ah, karena sungguh serigala itu hanya makan hewan piaraan yang jauhh dari gerombolan kawan-kawannya. (Shahihul jami’)

Puasa Ramadhan adalah disaat kalian semuanya berpuasa. Idul fitri disaat kalian semua ber’idul fitri. (HR.Abu Dawud, Tirmidzi, Abu Dawud)

Jika seorang wanita telah sholat waktu dan berpuasa dibulan Ramadhan dan menjaga kemaluannya serta mentaati suaminya, maka dia masuk syurga dari pintu mana yang dia sukai (HR.Ahmad)

Sebaik-baik sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan. (HR.Tirmidzi). sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api (HR.Tirmidzi)

Barangsiapa solat isya berjama’ah, seeolah-olah ia sholat ½ malam dan barangsiapa sholat shubuh berjama’ah, seolah-olah ia sholat semalam penuh. (HR.Muslim)
**********************************

Tidak ada komentar:

Posting Komentar